Robot Line Follower

Iseng-iseng ga ada kuliah ane main-main ke markas robotik di kampus. Banyak sohib-sohib ane yang lagi pada otak atik tuh robot maklum mereka lagi nyiapin buat kontes. Waktu ane liat robot yang lagi pada otak-atik ane jadi tertarik posting salah satu jenis robotnya yaitu robot line follower, mungkin buat yang sudah kenal robot jenis ini paham betul seluk-beluknya ni robot buat yang belum tau ane mau bagi-bagi penjelasan singkat tentang ni robot. 

Line follower robot adalah robot yang memiliki kemampuan mendeteksi dan bergerak mengikuti garis (follows) yang ada dipermukaan. Sistem kendali yang digunakan dirancang untuk bisa merasakan jalur garis yang ada dan melakukan manuver gerakan agar tetap bisa mengikuti garis tersebut.Robot tersebut dirancang untuk bernavigasi dan bergerak secara otomatis mengikuti sebuah jalur garis yang dibuat. Garis yang digunakan sebagai jalur biasanya garis putih apabila dasar permukaan berwarna gelap, atau garis hitam  bila permukaan dasar berwarna putih. Jika permukaan berwana putih maka kemampuan memantulkan cahaya lebih banyak sebaliknya permukaan berwarna gelap lebih kecil kemampuan memantulkan cahaya. 
Robot line follower ada dua kategori, yaitu robot line follower yang menggunakan program dan robot line follower yang tidak menggunakan program. Untuk komponen dan prinsip kerja ni robot next time dilanjut lagi...

Related Post:

10 comments:

  1. wah..d kmpus ane jg ada tuh robot yg ky gtu, tp bda bntuk'y... ;)

    ReplyDelete
  2. Robot jenis ini biasa digunakan untuk pekerjaan apa ya sob? Karena dari penjelasannya hanya mengikuti garis saja. Terima kasih sebelumnya :)

    ReplyDelete
  3. Semoga akan semakin banyak terobosan2 yang canggih yang membuktikan putra bangsa tidak kalah dengan "dunia luar"
    Nice post kawan

    ReplyDelete
  4. Hehehhe.. Itu NXT yah kk? Numpang Promo :Dhttp://pisangkroak.blogspot.com/2012/01/skematik-line-follower-flip-flop.html hehehe ditunggu kunjungan balik Mas

    ReplyDelete
  5. canggih nih robot.... jadi tahu jenis2 robot nih bang saya....
    makasih dan semnagt selalu untuk abng ya :)

    ReplyDelete
  6. wah. boleh dh tuh gan. ane dulu sempat nyoba buat line follower tapi yang analog ngak pake controller. asik nih.

    ReplyDelete
  7. mantap robotnya.. semoga teman2nya menang kontes yak.. :)

    ReplyDelete
  8. wah ini kreasi siapa nich..
    robotnya sangat bagus sekali,,

    ReplyDelete

Berikan respon yang relevan. Salam semangat ^_^