Kapasitas RAM Tidak Terdeteksi



Pernahkah sobat mengalami kejadian seperti  kapasitas RAM tidak terdeteksi sempurna. Misalnya sobat memasang RAM dengan kapasitas memory 1 GB, tetapi yang terdeteksi oleh windows sebesar 992 MB. Sambil santai lama tak buka blog ane baca referensi dan dari pengalaman yang pernah ane pelajari coba-coba share buat sobat yang pernah mengalami kejadian seperti itu semoga bisa menjadi solusi sobat . Dan dirangkum beberapa penyebabnya sebagai berikut sob : 

  1. Penggunaan VGA on board akan mengurangi kapasitas dari RAM jadi sebaiknya VGA eksternal alias VGA card.  
  2. Terjadi kerusakan secara fisik pada RAM. Sobat bisa bersihkan RAM dan socketnya mungkin saja karena kotor atau sudah berkarat.
  3. Kesalahan pembacaan BIOS, hal ini bisa terjadi pada beberapa kasus yang disebabkan motherboard baru dan versi awal. Cara untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update BIOS dengan versi terbaru. 
  4. Teknologi OS 32 bit. OS atau Operating System yang menggunakan teknologi 32 bit khususnya Windows XP mempunyai batasan maksimum RAM yang dapat ditangani; yaitu tidak lebih dari 4 GB. Namun ternyata seringkali OS 32 bit tidak dapat membaca dengan benar RAM yang terpasang sejumlah 4 GB. Biasanya akan terbaca kurang dari 3,2 GB. Untuk mengatasi masalah ini cukup dengan menggunakan OS yang sudah menggunakan teknologi 64 bit.Kesalahan dari Produksi. Sobat bisa lakukan penukaran RAM selama masih garansi.


Related Post:

2 comments:

Berikan respon yang relevan. Salam semangat ^_^