Tips Merawat Motherboard

Santai dihari minggu sambil bagi-bagi tips merawat motherboard buat sobat yang kurang perhatian sama komputernya. Mungkin tips merawat motherboard ini bisa bermanfaat karena cara ini juga yang masih saya lakukan untuk komputer saya. Komputer saya usianya bisa dibilang tua karena masih Pentium 4 (dari jaman SMA) motherboard dan isi-isinya pun masih jadul tapi sebaik mungkin saya rawat walau ada laptop tapi komputer ini masih menjadi andalan saya untuk mengerjakan berbagai macam tugas dan juga jalan-jalan di dunia maya. Sebagus-bagusnya motherboard sobat tapi bila tidak dirawat dengan baik bukan tidak mungkin usianya tidak bertahan lama dan cepat rusak yang bisa disebabkan berbagai macam hal. Berikut tips merawat motherboard yang biasanya saya lakukan ini mudah-mudahan bisa berguna untuk sobat.

- Jaga kebersihan motherboard dan slot-slotnya

Perhatikan kebersihan motherboard sobat, walaupun diletakan ditempat yang jauh dari debu dan kotoran tapi tetap cek kebersihan motherboard apabila kotor maka bersihkan dengan menggunakan kuas. Kotoran pada motherboard bisa juga menyebabkan korslet jadi bersihkan juga slot-slotnya karena bukan tidak mungkin slotnya terhindar dari kotor. Usahakan total dalam membersihakannya.

- Gunakan stabilizer dan UPS (Uninterruptible Power Supply)

Arus tegangan listrik sering tidak stabil dan berubah-ubah bisa menyebabkan kerusakan pada komponen motherboard, maka diperlukan stabilizer untuk membuat arus tegangan stabil. Dan UPS beguna apabila terjadi mati mendadak pada arus listrik maka cpu tidak langsung mati karena masih menyimpan arus listrik yang dapat bertahan beberapa menit sehingga motherboard lebih awet.

- Perhatikan pemasangan komponen
Komputer rusak bisa jadi karena kesalahan dalam pemasangan komponen atau bisa jadi karena pemasangan yang kurang baik jadi periksalah setiap komponen yang terpasang apakah sudah benar atau belum.

- Sering hidupkan komputer
Jangan biarkan komputer tidak dihidupkan dalam jangka waktu yang lama paling tidah seminggu 2 atau 3 kali digunakan. Sebelumnya saya pernah tidak menghidupkan komputer selama sebulan dan ketika dihidupkan terlihat lebih lambat dari biasanya entah pengaruh darimana yang jelas itu bisa mempengaruhi komputer.

Sederhana bukan, mungkin ada tips lain dari sobat yang bisa ditambahkan silahkan kita saling berbagi,

Related Post:

16 comments:

  1. hmm, tipsnya bagus sobat.. ^_^

    ReplyDelete
  2. wahhh... mantap nihhh. trims informasinya,...

    sangat perlu skali ini, palagi punya saya masih mnggunakn PC..

    ReplyDelete
  3. Laptop saya dah sekali ganti motherboard... hehehe ngurusnya kurang kali... :)
    Makasih informasinya kawan
    Salam sukses and Happy Blogging..

    ReplyDelete
  4. wahh kebetulan banget sob.. selama ane pk laptop, hampir 6 bulan belum pernah ane nyalain komputer..

    ReplyDelete
  5. trimkasih sobat atas infonya, sangat bermanfaat sekali, ini wajib saya beri tahu kawan di kosan nih,, maksih ya .. :D

    ReplyDelete
  6. bagus gan..apalagi aku suka jg belajar komputer..

    ReplyDelete
  7. bgus sekali ni, sekali ni bagus
    heheheheeee

    ReplyDelete
  8. PC saya termasuk yang bekerja ekstra keras, karena hampir hidup 24 jam non-stop. Bukan utk nge-game sih, hanya mengerjakan tugas menulis saja. Seperti juga perlu utk dirawat nih.

    Makasih ya sob buat share ilmunya ;)

    ReplyDelete
  9. @all : terima kasih kawan semua semoga bermanfaat ^_^

    ReplyDelete
  10. artikelnya bermanfaat bngt, sob... sy cuma rajin pakai tp gk rajin ngrawat hehe...mksh sharenya...

    ReplyDelete
  11. Kawan jangan lupa nanti jam 3 subuh LIGA EROPA, MU vs Athletic Bilbao :)
    GGMU

    ReplyDelete
  12. @kang mastokkenari : terima kasih,sama-sama kang :)
    @lensa : pasti ga terlewatkan itu sob,hehe GGMU

    ReplyDelete
  13. wahhh si papan mama ini sangat penting perannya, semoga dengan adanya tips ini ane bisa merawatnya dengan baik ^.^

    ReplyDelete
  14. tips nya ringkas dan padat nih...
    bermanfaat banget..
    makasih atas ilmu nya kawan..

    ReplyDelete
  15. mantab sob tipsnya saya suka dengan tips yang positif seperty...

    ReplyDelete
  16. Makasih gan infonya...berguna banget buat Ane...
    Kunjung balik ya gan...

    ReplyDelete

Berikan respon yang relevan. Salam semangat ^_^