IDE Delphi 7

IDE Delphi  7
Apa itu IDE ?
IDE (Integrated Development Environment) adalah sebuah lingkungan pengembangan terpadu pada aplikasi pemrograman Delphi. IDE terdiri dari beberapa bagian sebagai berikut ini :
 
1.Main Window (Jendela Utama)
Bagian dari IDE yang mempunyai fungsi yang sama dengan fungsi utama dari program aplikasi Windows lainnya. 



2.ToolBar
Delphi memiliki beberapa toolbar yang masing-masing memiliki perbedaan fungsi dan setiap tombol pada bagian toolbar berfungsi untuk menggantikan suatu perintah menu yang sering digunakan. Toolbar terletak pada bagian bawah baris menu. Pada kondisi default, terdapat enam bagian toolbar, antara lain standard, view, debug, desktop, custom dan component palette.

3.Component Palette
Bagian IDE ini berisi sekumpulan ikon yang melambangkan komponen-komponen yang terdapat pada VCL (Visual Component Library). Pada component palette terdapat beberapa page control seperti standard, additional, Win32, System, Data Access, dan lain-lain.



4.Form Designer
objek yang dapat digunakan untuk tempat merancang program aplikasi. 



5.Code Editor
Code Editor adalah tempat di mana kode  program dituliskan. Pada bagian ini dapat dituliskan pernyataan-pernyataan dalam object pascal. Keuntungan pemakaian Delphi adalah tidak perlu menuliskan kode-kode sumber karena Delphi telah menyediakan kerangka penulisan program. 




6.Object Inspector
Digunakan untuk mengubah properti dari sebuah komponen.



7.Code Explorer
Code Explorer merupakan lembar kerja baru yang terdapat di dalam Delphi7 yang tidak ditemukan pada versi-versi sebelumnya. Code Explorer digunakan untuk memudahkan pemakai berpindah antar file unit yang terdapat di dalam jendela Code Editor. Untuk menutup Code Explorer, klik tanda silang yang terdapat di sudut kanan atas, dan untuk membukanya kembali pilih menu View pilih Code Explorer dari main menu atau klik kanan dalam jendela Code Editor kemudian pilih View Explorer.

8.Object TreeView
Object TreeView menampilkan diagram pohon dari komponen-komponen yang bersifat visual maupun nonvisual yang telah terdapat dalam form, data module, atau frame. Object TreeView juga menampilkan hubungan logika antar komponen. Apabila Anda mengklik kanan salah satu item yang terdapat di dalam diagram phon, Anda dapat melihat konteks menu komponen versi sebelumnya. Untuk mengakses menu secara penuh, klik kanan pada komponen yang sama dalam form, data module, atau frame.


Related Post:

4 comments:

  1. Masih perlu banyak belajar diriku ini...
    MAkasih dah berbagi ilmu kawan... Jujur belum terlalu familiar nih ama Delphi. :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sobat,sama2 belajar aja saya juga ga jago semua masih butuh belajar lagi :)

      Delete
  2. wah bermanfaat sekali ni makasih kawan informasinya... ternyata masih perlyu belajar kembali... ^_^

    ReplyDelete
  3. wah teryata sangat bekerja yah sob..
    nice infonya..

    ReplyDelete

Berikan respon yang relevan. Salam semangat ^_^