Pengertian Captcha

CAPTCHA (Completely Automated Public Turing Test to Tell Computers and Humans Apart). Pengertian Captcha menurut Wikipedia adalah suatu bentuk uji tantangan-tanggapan (challange-response test) yang digunakan dalam perkomputeran untuk memastikan bahwa jawaban tidak dihasilkan oleh suatu komputer. Proses ini biasanya melibatkan suatu komputer (server) yang meminta seorang pengguna untuk menyelesaikan suatu uji sederhana yang dapat dihasilkan dan dinilai oleh komputer tersebut. Karena komputer lain tidak dapat memecahkan Captcha , pengguna manapun yang dapat memberikan jawaban yang benar akan dianggap sebagai manusia. Oleh sebab itu, uji ini kadang disebut sebagai uji Turing balik, karena dikelola oleh mesin dan ditujukan untuk manusia, kebalikan dari uji Turing standar yang biasanya dikelola oleh manusia dan ditujukan untuk suatu mesin.
Jika Anda pernah mengisi formulir di internet, seperti mendaftar email dan sebagainya, tentu Anda pernah melihat gambar huruf yang bengkok atau kacau balau seperti di gambar, lalu diminta menuliskan huruf-huruf itu dalam sebuah kotak isian, itulah yang dinamakan Captcha.
Berikut ini contoh Captcha :

Sebelum ada Captcha , spammer/ hacker dapat membuat program untuk secara otomatis mengisi formulir seperti pendaftaran email gratis, sehingga ia akan memperoleh ribuan alamat email dengan mudah untuk kemudian disalah- gunakan. Atau untuk mengubah hasil sebuah polling online, seseorang bisa saja membuat program sederhana untuk mengisi polling tersebut dengan jawaban yang sama sebanyak ribuan atau bahkan jutaan kali. Akibatnya polling itu tentu saja menjadi tidak valid. Untuk mencegah program seperti itu, kini semua formulir akan menampilkan Captcha berupa gambar huruf-huruf bengkok atau saling menyambung yang sukar dibaca oleh program atau komputer, namun (relatif) mudah dibaca manusia. Jika isian dari pengisi formulir sesuai dengan gambar yang ditampilkan, maka kemungkinan besar pengisi formulir adalah seorang manusia, bukan program komputer. Captcha biasanya dibuat secara otomatis secara acak setiap kali ada orang yang masuk halaman formulir di web, sehingga hampir tidak ada dua Captcha yang serupa. Ini membuat jumlah kombinasi yang mungkin muncul sangat- sangat banyak, sehingga hampir tidak mungkin untuk membuat program yang mampu mengingat dan menjawab Captcha yang akan muncul.


sumber :
1. http://id.wikipedia.org/wiki/CAPTCHA
2. http://faisalcrow.blogspot.com/2011/09/pengertian-dan-fungsi-captcha.html

Related Post:

9 comments:

  1. makasih untuk sharringnya, ini menambah wawasan saya

    happy blogging

    ReplyDelete
  2. like
    www.tokosikes.blogspot.com

    ReplyDelete
  3. MAKASIH info nya gan .... saya jadi tau apa itu captcha :D berkunjung gan ke http://inovasiit.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. wahhh dari kemarin cmn taw isinya sekarang dah taw artinya...thks infonya gan....

    klu mau cari software full free ksini aja gan

    http://metal-xp.blogspot.com/

    ReplyDelete
  5. Nice share sobat... :-)

    terimakasih

    ReplyDelete
  6. Jadi ingat spam yang hadir menyerang blog saya beberapa waktu lalu :)
    Makasih infonya kawan..

    ReplyDelete
  7. wahhh...tambah ilmu nih saya bang
    makasih atas tutornya ya bang :)

    ReplyDelete
  8. dengan informasi ini saya jadi tau tentang captcha..
    nice info sob..

    ReplyDelete

Berikan respon yang relevan. Salam semangat ^_^